Sabtu, 29 Mei 2010

Mengenal Text di CorelDraw

Di dalam program CorelDraw dikenal dua jenis text yaitu artistic text dan paragraph text. Artistic text dari namanya kita tahu bahwa text ini bersifat artistic artinya kita dapat memberikan efek-efek graphic yang artistic. Sedangkan paragraph text hanya berisi text di dalam paragraph, seperti kita mengetik program pengolah kata.

Artistic text biasanya dipakai untuk judul sebuah naskah atau text yang pendek yang dapat diberikan efek graphic. Paragraph text biasanya dipergunakan untuk isi naskah yang panjang yang tidak perlu efek-efek graphic.

Langsung saja kita mulai. Dari toolbox tekan symbol tool huruf “A” (Text tool) atau menekan F8, seperti gambar

Setelah itu mouse kita arahkan ke area halaman yang berbentuk persegi empat dan ada bayangannya yang disebut “drawing page”. Untuk membuat artistic text, caranya dari “halaman kerja” tersebut langsung klik kiri mouse, langsung saja ketik text yang kita inginkan. Sedangkan untuk membuat paragraph text, kita ulangi langkah yang pertama dari toolbox tersebut pilih “Text tool” lalu arahkan mouse ke area kerja. Dari area kerja seret mouse (drag) sehingga membentuk segi empat dan siap untuk dibuat ketikan naskah.

Selamat mencoba, semoga ada manfaatnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar