Senin, 07 Juni 2010

Bikin Undangan Hard Cover #1

Sebelum kita memulai bikin undangan hard cover terlebih dahulu perlu diketahui tahapannya yaitu:

  1. Konsep; diperlukan sebagai dasar untuk melangkah tahap selanjutnya.
  2. Design; ini kelanjutan dari konsep yang kita tentukan pada tahap awal.
  3. Bahan; untuk undangan hard cover tidak terlepas dari bahan yang keras (hard) untuk sampul, biasa kita menggunakan bahan yellow board no. 50, sedangkan untuk sampul dan isi biasanya kita menggunakan kertas art cartoon 230 gr warna putih.
  4. Jumlah pesanan; untuk menentukan besarnya biaya yang harus kita keluarkan. Semakin banyak jumlah pesanan harga dapat semakin murah.
  5. Cetak offset; merupakan langkah setelah semua bahan sudah kita siapkan. Saya menggunakan cetakan satu warna yaitu merah maron dicetak secara negative hal ini sesuai dengan konsep dasar pada tahap pertama di atas, artinya cetakan dibikin blok sedangkan tulisan merupakan warna dasar dari kertas itu sendiri yaitu warna putih.
  6. Bahan lapisan; dapat menggunakan dof ataupun glossy.
  7. Cetak foil; diperlukan untuk mempercantik undangan hard cover yang biasanya berkesan exclusive. Biasanya diberikan pada inisial dan nama kedua mempelai serta tulisan arab basmallah.
  8. Finishing; menjadikan tahap akhir yang membutuhkan tenaga minimal tiga sampai empat orang dengan pembagian kerja meliputi memberi lem untuk melekatkan bahan hard cover dengan sampul. Melipat dan memberi double selotipe untuk melekatkan kertas isi dengan sampul. Penggunaan bahan double selotipe diperlukan supaya kerja kita dapat efisien.

Demikian beberapa langkah yang dilakukan untuk membuat undangan hard cover semoga ada manfaatnya. Bersambung

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar